Thursday, April 14, 2011

Mulailah Bisnis Online dengan Blog

Bila membicarakan bisnis online maka Akan begitu banyak sekali caranya, bahkan ada yang bersemangat ingin segera menjadi pengusaha online bahkan dengan beraninya mengundurkan diri dari kantornya dan ingin menggeluti bisnis online ini. Ada juga yang tersenyum kecut dan memandang bisnis online dengan sebelah mata. Sekarang Anda ada dimana? Apa benarsih bisnis online itu menjanjikan? Bagaimana memulai Bisnis Online? Ok, mari kita bahas satu persatu.

1. Tentukan posisi Anda
Apakah Anda termasuk orang yang berpikir bahwa bisnis online itu sebagai bisnis yang menjanjikan. Atau termasuk orang yang memandang bisnis online dengan sebelah mata?

Jika Anda memandang bisnis online itu sangat potensial, maka saya ucapkan selamat karena Anda ada pada mindset yang tepat. Dan jika Anda memandang bisnis online itu cuma mainan saja maka saya juga mengucapkan selamat. Loh kok bisa? yup. Bagi Anda yang pernah menjalankan bisnis online dan gagal dan prustasi, maka Anda sudah melewati satu jalan yang memang harus dilewati.

Dengan kegagalan maka Anda akan semakin berpengalaman. Karena diawal-awal bisnis online saya, biasanya pemula sering mengalami kegagalan dan sering jatuh bangun membangun usahanya. Yang menjadi permasalahannya bukanlah berapa kali kita gagal, tapi berapa kali kita bangkit dari kegagalan itu sendiri.



2. Apa Benar Bisnis online sangat menjanjikan
Tentu saja!. Bisnis online itu sangat-sangat menjanjikan. Banyak sudah para internet marketer baik dari luar ataupun anak negeri sendiri yang bisa meraih ratusan bahkan ribuan dollar per bulan dari bisnis onlinenya.
Tapi permasalahannya kadang kita suka berhenti di tengah jalan, baik karena frustrasi, bosan, atau mencoba hal-hal lain yang membuat kita keluar jalur dan tidak fokus.

3. Harus Mulai dari mana? 
Nah pertanyaan ini yang sering muncul dari para online marketer pemula yang ingin nyenplung dibisnis online. Menurut beberapa orang yang sudah menggeluti bisnis online, ada 4 hal yang harus dipegang teguh sebagai prinsip dasar dalam memulai bisnis online yaitu:

a. Tentukan Tema dan Konsep. Menurut saya pemahaman itu sangat penting dalam menjalankan bisnis online. Karena dengan kita paham akan konsep sebelum kita mulai bekerja, saya rasa kerjaan juga akan terkonsep dengan matang dan tidak terburu-buru, saran saya tentukan konsep sesuai hobi dan keahlian Anda, bila anda suka tentang otomotif, Anda bisa memulai dengan membuat blog tentang otomotif.
b. Fokus dan Konsisten. Yup, hal ini juga tidak kalah pentingnya. Kekonsistenan dalam semua hal itu perlu, tidak hanya di dunia nyata kita perlu konsisten. Lebih-lebih kita akan bekerja secara online di dunia maya, kekonsistenan bisa sangat berarti di sini aka sangat diperlukan.
c. Tujuan dan Impian (Target). Konsistensi tanpa tujuan ya tidak sejalan kan, begitu juga memiliki tujuan dan impian tanpa konsisten adalah omong kosong. Karena bila konsistensi tanpa tujuan kita akan terombang ambing dengan hasrat yang tidak jelas, dan ini membuat kita semakin mudah menyerah. Tentukan impian Anda dari sekarang, misalkan impian anda memiliki penghasilan online sampai minimal US$5000 per bulan, per hari dsb. dan biasakan tentukan target dari minimal dulu misalkan untuk 2 tahun kedepan setidaknya saya sudah dapat penghasilan US$500 per bulan dan terus meningkat setiap bulannya.
d. Berdoa. Tidak bisa dipungkiri bila SANG KUASA mempunyai peranan penting bahkan sangat penting. Rizki, kematian dan lainnya ada ditanganNYA. Maka kedeketan kepada sang KUASA adalah sangat diperlukan.

Itulah sekilas prinsip dasarnya, dan sekarang saya sarankan bagi Anda yang masih pemula untuk memulai teknik bisnis online dari mana. Ok–Jika Anda ingin memulai bisnis online, maka saya sangat merekomendasikan untuk nge-blog dulu (membuat blog). Kenapa kok harus ngeblog? Oh iya kalau ingin membuat blog sebaiknya saya sarankan pakai mesin wordpress saja.

Kenapa lebih baik blog dan kenapa juga kok mesti pakai mesin blog WordPress?

Yang pertama, blog adalah website yang bisa di customize sehingga dia bisa dimanfaatkan untuk apapun juga mulai membuat website pribadi, profil perusahaan, web toko online, web afiliasi, web iklan baris, forum diskusi, dsb. Semua template tersedia di website dan anda tinggal mencari di internet.

Selain itu blog juga mudah diinstall dan mudah diupdate. Anda cukup mengetikkan kata-kata di wp-admin dan dalam sekejab sebuah artikel dan halaman baru telah dibuatkan untuk Anda. Lengkap dengan halaman indexnya, arsip bulanannya, dan lain sebagainya.

Ajaibnya lagi bahwa blog juga diterima disemua program make money. Mulai Pay Per Click, Pay Per Sale, Pay Per Review, Affiliasi, Pay Per Lead, Pay Per Impression, bahkan jika Anda mau menjual produk sendiripun blog siap membantu.

Sebenarnya mesin wordPress sudah dirancang SEO Friendly. Secara default saja Anda bisa menang di search engine. Tapi dengan lawan yang ringan. Dengan bantuan plugin dan sedikit mengotak-atik themes, Anda bahkan bisa jadi pemenang.

Jadi? apakah anda siap dan tertarik untuk berbisnis online? mulailah buat blog dari sekarang, semakin banyak Anda menulis maka akan semakin banyak trafik. Dan semakin banyak trafik maka semakin mudah Anda menguangkan trafik Anda.

Related Posts by Categories



Created by Felix | Bisnis Sampingan

2 comments:

  1. setuju banget dengan artikelnya bos...bisnis online saya rasa akan sangat cerah masa depannya di Indonesia...banyak sudah yang membuktikan, giliran yang belum membuktikan untuk membuktikan bahwa bisnis online itu gak kalah hebat dari bisnis offline!!!

    ReplyDelete
  2. terima kasih ulasannya telah memberi arahan bagi saya bagaimana cara yang efektif dalam memulai menjalankan bisnis online melalui sebuag blog
    sukses selalu

    ReplyDelete