Thursday, April 14, 2011

10 Tips Kelola Bisnis Toko Online

Begitu banyak toko online (online store/online shop) di dunia maya, Dan bila  kita telah memiliki sebuah toko online, maka ada saatnya pasti kita akan bersaing dengan berat terutama dengan para pemain lama, Tapi kita tidak perlu berkecil hati. Karena disini akan diberikan 9 tips dalam mengelola toko online.

Anda boleh menjual produk atau jasa di internet, menjual produk digital di internet, menjual produk fisik di internet, atau bisa juga menjadi pemilik website iklan seperti web iklan jual beli barang, property, otomotif, makanan, dan lainnya.

Baiklah langsung aja pada pembahasan, inilah 9 Tips dalam Mengelola Toko Online untuk mendapatkan profit tinggi:

1. Terus Update Produk yang ada di situs Anda.
Inilah salah satu poin terpenting dalam toko online, Anda harus terus dan sering meng-update produk yang ada di website Anda sehingga pengunjung yang datang ke situs Anda akan merasa kalau situs Anda benar-benar hidup, sehingga memberi kesan Fresh, Up to date dan yang paling penting lebih terpercaya. Kalau perlu Anda bisa meng-update 2-3 kai dalam sehari.


2. Jual produk yang Lain daripada yang Lain (Unik).
Exclusive yang banyak dicari orang tapi jarang dijual orang lain, Lah..Contohnya apa? Begini, misalnya jual (contoh) kacamata x-ray yang bisa melihat tembus pandang, ini merupakan unik dan langka, jika anda menjual kacamata seperti ini biasanya akan ada banyak pemesan dari berbagai daerah di indonesia dan bahkan sampai ke manca negara.

3. Lakukan Promosi Menarik Pada saat-saat tertentu
Pemberian harga atau diskon khusus ini untuk meningkatkan penjualan, misal pemberian harga khusus dalam rangka hari valentine, tahun baru, idul fitri dll.

4. Berikan Alternatif Barang Tambahan untuk dibeli
Misalkan pembeli melakukan transaksi pembelian iPhone atau Blackberry di toko online Anda.  Anda bisa memperlihatkan list produk yang berhubungan dengan produk tersebut (related product that you may interested) misalkan sarung soft silicone Blackberry, Handsfree, dll.

5. Pemberian Bonus atau Fasilitas Gratis
contoh Beli 3 Bonus 1, Buy 1 Get 1 Free, Gratis Ongkos Kirim, Gratis Instalasi dll.

6. Pembayaran yang lebih mudah.
Pembayaran bisa dilakukan transfer bank, kartu kredit, paypal dsb. Semua pembayaran yang membuat pembeli merasa lebih nyaman dan aman dalam bertransaksi. Bila perlu sediakan fasilitas rekening bersama atau bank garansi.

7. Sederhanakan Formulir Pemesanan.
Jangan terlalu banyak Form yang harus diisi dan membuat pusing calon pembeli. Usahakan pegisian secara singkat dan cepat saja, dan mohon dibantu dengan pelayanan customer service anda secara online tentunya.

8. Pelayanan Pelanggan.
Hadapi komplain dengan ramah, mereka adalah pembeli yang bisa melakukan repeat order lagi atau pembelian ulang lagi. Pembeli adalah Raja, jadi layani dengan hati yang tulus dan sabar. Anda bisa menambahkan contact us di situs anda, online support, atau bila perlu Anda bisa membuat akun Facebook atau Tweeter untuk mereka follow.

9. Design Header yang menarik
Dalam menampilkan header usahakan menarik yang bisa meningkatkan citra anda lebih profesional dan lebih terpercaya. First Impression sangat penting untuk menarik pengunjung, bila situs Anda terlihat berantakan dan acak2an pasti pembeli segan untuk membeli produk dari Anda. Gunakan juga gambar2 yang menarik karena picture tell thousand words.

10. Multi Language and Currency
Gunakan design web yang bisa Multi Bahasa dan Kurs 2 Mata Uang minimal Rupiah (Rp) dan Dollar Amerika (US$). Ini sangat perlu karena anda ingin meningkatkan profit dan penjualan sampai ke luar negeri, Karena hal ini dapat memperluas target market Anda.

Untuk menjalankan Toko Online ini, Anda tidak harus punya produk sendiri, melainkan bisa menjual produk orang lain, bisa produk toko lain, bisa produk perusahaan lain, atau bisa produk siapa saja yang mau kita bantu untuk kita jualkan di internet dan kita sebagai marketer atau pemilik Toko Online-nya akan mendapatkan fee hasil penjualan tersebut.
Jadi, apakah Anda sudah siap untuk terjun dalam berbisnis toko online? atau mungkin Anda ada permasalahan atau hambatan? Jangan takut untuk terus berusaha dan improvisasi.  Karena semakin kreatif Anda, maka akan semakin banyak pengalaman yang Anda dapatkan dan artinya semakin banyak juga keuntungan yang bisa Anda raih.


Related Posts by Categories



Created by Felix | Bisnis Sampingan

No comments:

Post a Comment