Wednesday, March 30, 2011

Tips meningkatkan keuntungan dalam dunia bisnis


Apakah Anda adalah seorang yang baru mulai merintis sebuah bisnis? Atau ingin mulai mengerjakan proyek bisnis sampingan seperti internet marketer atau apapun sebutannya? Ada baiknya Anda membaca beberapa tips singkat dan sederhana yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan atau inspirasi bagi Anda.

1. Tawarkan sesuatu yang lain daripada yang lain.
Dalam memperkenalkan suatu produk, jasa, e-book, atau apapun sebaiknya kita menawarkan sesuatu yang berbeda dari pada produk pada umumnya, intinya produk kita haruslah unik dan memiliki ci khas yang akan membuat semua orang mengingat citra dari produk atau jasa yang kita tawarkan, misalkan menjual ponsel yang tahan api atau tahan jatuh dari puncak monas, atau pasta gigi yang bisa glow in the dark, pisang goreng duren, dll. Atau bisa juga dalam bentuk pemilihan nama yang unik yang bisa membuat orang selalu ingat produk kita, bisa dengan yang lucu atau yang aneh tapi gampang diingat seperti; Es Kuntilanak, Bakso Badak, dll. Ingatlah, orang Indonesia biasanya tertarik akan sesuatu yang baru, unik dan menarik yang membuat mereka selalu teringat namanya. Jadi berpikirlah Kreatif dan terus Berinovasi



2. Tawarkan produk pendukung atau promosi lanjutan.
Produk yang bisa memberikan value yang lebih biasanya akan lebih disukai konsumen dan bisa bertahan di dunia persaingan bisnis. Contoh kongkret seperti masa garansi yang lebih lama, buy 2 get 1 free, atau beli TV dapet HP, beli rumah dapet motor, dll.
Bisa juga dengan produk pendukung seperti aksesoris, misalkan kita jual handphone BB, maka kita tawarkan juga untuk membeli silicone case-nya atau blutooth handset-nya yang mendukung.
Atau tawarkan juga produk pendukung terbaru bila ada.

3. Tingkatkan Pelayanan yang lebih baik.
Layanan purna jual juga penting untuk beberapa produk, seperti customer service yang selalu mau mendengarkan keluhan pelanggan, atau layanan Cash on Delivery, bisa juga layanan lainnya dari yang sepele sampai yang penting.
Dan Apapun pelayanan yang anda berikan yang paling efektif dan disukai dan mudah dan murah adalah SENYUM dan RAMAH!, pelanggan tidak akan suka jika kita melayani dengan muka cembetut, datar, muka lelah, dan terkesan bicara seperlunya.

4. Mendengarkan apa yang diinginkan Konsumen/Klien
Terimalah semua masukan dan kritikan dari konsumen walau itu pedas sekalipun, karena kritik sifatnya membangun, bila makanan di restaurant kita dibilang gak enak janganlah marah walau dilidah kita rasanya enak karena citarasa setiap orang tidaklah sama, anda bisa mencoba membuat sebuah survey, angket atau bentuk campaigner lainnya yang bisa menampung suara konsumen atau klien kita.
Survey selain untuk menampung kritik, bisa juga digunakan untuk mencari informasi akan produk/jasa apa yang mungkin dibutuhkan oleh setiap orang. Misalkan kita menjual mobil, mungkin bisa melakukan survey tentang mobil seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan anda akan terbantu dengan banyak ide-ide baru untuk anda pakai dalam menentukan keunikan produk anda seperti poin nomor 1. Anda juga bisa terkejut dengan hasil survey seperti mereka yang menginginkan mobil yang bisa terbang dan sebagainya.

5. Dahulukan Kualitas daripada Kuantitas
Untuk yang ini sepertinya kita semua mengerti.. kualitas adalah no 1 karena konsumen ingin merasa puas dengan uang yang telah dikeluarkannya. Bila kita produk barang sebanyak2nya tapi tidak terkontrol dan bermasalah bukankah itu akan merugikan kita dan memberikan citra buruk pada produk kita, hal ini sudah terjadi pada produk motor cina yang dulu pernah hadir di Indonesia, produsen mengutamakan produksi massal besar2an karena permintaan pasar yang besar dengan melupakan kualitasnya dan pada akhirnya produk tersebut bermasalah dan semakin lama semakin tidak laku dan semua produsen banyak yang gulung tikar, dan parahnya menyebabkan citra motor cina sangat jelek di mata orang Indonesia. Kalau sudah begini.. siapa yang harus disalahkan? Ingatlah.. konsumen adalah raja dan mereka tidaklah bodoh.. They learned.

6. Berikan alasan yang tepat dan jujur pada konsumen
Bila kita menjual suatu produk yang membuat orang berpikir.. berikanlah alas an yang tepat, misalkan anda menjual iPhone 4 baru seharga 5juta dan pasti ppembeli curiga dan bertanya kenapa kok bisa murah bos? Janganlah kita memberikan alasan yang mencurigakan atau bohong karena pasti anda akan di tinggalkan. Jangan menjual barang bekas tapi bilang baru atau barang baru tapi cacat produksi dan sebagainya.  Berikan suatu jaminan yang menenangkan misalkan; misalkan iPhone bermasalah maka uang dikembalikan atau lain sebagainya. Ingatlah bahwa metode bisnis adalah cari duit yang halal.

Jadi, pada dasarnya keberhasilan bisnis kita adalah di tangan konsumen dan begitu juga bagi para online marketer bahwa bisnisnya tergantung dari para pengunjung situsnya.  Dan jangan lupa juga bahwa konsumen/klien kita ingin kepuasan dan alasan yang tepat mengapa mereka harus mempercayakan dan memberikan uangnya ke kita. Selamat memulai bisnis dan sukses.

Related Posts by Categories



Created by Felix | Bisnis Sampingan

1 comment: