Thursday, March 31, 2011

Cari duit dengan Google Adsense atau Mobile Ad Network?


Banyak yang mengatakan bahwa mencari uang dengan Google Adsense lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan Mobile Advertising.  Banyak sekali perdebatan yang mana memang secara garis besar Google Adsense lebih banyak menghasilkan uang, hal ini dapat dimaklumi karena pengguna Adsense di dunia sangat banyak.  Sedangkan mobile ad network seperti MobGold, Admob, Inmobi dll mungkin ada beberapa dari kita yang masih asing mendengarnya.  Tapi bisnis PPC di dunia mobile akan mulai menjamur seiring perkembangan dunia mobile digital di seluruh dunia.  Dan boleh dibilang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Google Adsense:
Kelebihan dari adsense ada pada content yang tampil secara otomatis pada situs kita. Kita pun tak perlu menampilkan materi konten / artikel yang berhubungan dengan isi iklan, kita bisa menulis apa saja di blog atau apapun itu tanpa harus berhubungan mutlak dengan iklan adsense yang tampil. Tidak seperti konten affiliate atau apapun itu. Website kita juga tidak harus selalu di update selama pengunjung ke situs kita stabil.

Kekurangannya adalah pada awal registrasi yang mana kita harus sudah memiliki situs yang benar-benar siap untuk menarik pengunjung, dan bagi orang Indonesia agak ribet untuk registrasinya.  Selain itu pemakai Adsense di dunia sangatlah bbuuaannyyaakkk, persaingan dalam mencari keyword yang bernilai untuk ke situs kita juga semakin sulit. Kita juga harus selalu melakukan optimalisasi Search Engine ke website kita agar pengunjung selalu ada, dan bila om Google merubah SE algorithm-nya maka pendapatan kita bisa menurun drastis.

Mobile Ad Network:
Bagaimana dengan mobile advertising? Karena pengguna jasa mobile ad dan pemilik situs mobile seperti wap tidak sebanyak publisher adsense dan pengguna website, maka persaingan di dunia mobile masih terbuka luas dan akan terus berkembang seiring perkembangan tekhnologi dan mobilitas individu setiap orang. Bayangkan saja saat ini sudah banyak pengguna smartphone macam BB yang berkeliaran setiap hari membuat orang terkadang browsing internet dari ponselnya, beum lagi ponsel cina dan lokal murah yang mulai menjamur di Jakarta, 300 ribu sudah bisa memiliki ponsel yang bisa facebookan dan tweeteran dan browsing2 dari ponselnya dengan paket internet yang semakin murah.  Mobile ad macam MobGold juga member kemudahan dalam mendaftar sebagai publisher karena dapat integrasi langsung dengan situs kita tanpa harus menunggu proses approval terlebih dahulu.  Selain itu, karena pengguna situs mobile belum banyak maka mobile ad biasa membayar lebih banyak per kliknya jika dibandingkan dengan adsense.

Kekurangan system ini adalah kita harus memiliki situs mobile untuk dapat bekerja maksimal dengan jaringan mobile ad ini, dan pengakses situs mobile memang tidak sebanyak pengunjung website tapi kembali lagi keatas bahwa hal tersebut bukanlah hal yang patut dikhawatirkan karena situs mobile akan terus berkembang.

Kesimpulan:
Jadi, untuk memulai bisnis online dan mulai mengumpulkan uang dari dunia internet apakah harus memakai adsense atau mobile ad? Jawabannya sebenarnya kita dapat memaksimalkan pendapatan dengan menggabungkan keduanya.  Kita bisa membuat situs kita berubah layout jika dikunjungi oleh mobile browser. Saat pengunjung mengunjungi website kita maka yang tampil adalah iklan adsense dan bila pengunjung yang mengakses website kita berasal dari mobile maka yang tampil adalah iklan dari mobile ads seperti iklan dari mobgold.  Bagaimana? Dua pasti lebih asik kan daripada satu? Bagaimana caranya? Ikuti terus yah artikel lanjutannya untuk memadukan adsense dan mobgold.

Related Posts by Categories



Created by Felix | Bisnis Sampingan

5 comments:

  1. Ilmu yang sangat bermanfaat..
    Tak tunggu lagi up dateannya..makasih admin

    ReplyDelete
  2. gan... cara manggil iklanya dimana...??? q psang di xtgem...

    ReplyDelete
  3. Mobile Ad Network yg paling bagus apa ya? mobgoldkah? atau banyak yg lain?

    ReplyDelete
  4. Akun adsense saya ke banned, pengen daftar lagi
    Trims ulasannya

    ReplyDelete
  5. kunjungan balik gan http://www.dion.cf
    artikulasi blog https://dion-tips.blogspot.com ,

    ReplyDelete