Thursday, June 9, 2011

Tips, Trik dan Cara Promosi yang Efektif [bagian 2]

Melanjutkan dari bagian 1, Promosi yang efektif adalah promosi yang dapat menjangkau pasar dengan sangat luas dan pesan promosi dapat tinggal di pikiran setiap audience dengan jangka waktu yang cukup lama (tidak sekilas ingat). Bagaimana kita bisa mencapai promosi yang efektif ke setiap orang? terlebih dulu kita harus memahami dan mengerti apa yang diminati oleh pasar, kita bisa melakukan survei dengan menanyakan hal yang disukai dan diminati, misalkan kita ingin menjual sebuah lagu, tentu kita ingin menjual lagu yang diinginkan di daerah tempat kita jualan bukan? sepertinya tidak mungkin kita bisa menjual lagu barat dengan baik di daerah pedesaan atau perkampungan di daerah terpencil (pada umumnya), mungkin akan lebih laku bila kita menjual lagu dangdut atau campursari untuk mereka, terkecuali untuk keadaan atau situasi tertentu misalkan Roma Irama menyanyikan lagu Rolling Stones. Jadi pada dasarnya kita haruslah memahami pasar dan situasi terlebih dahulu, tapi yang ingin saya tekankan untuk saat ini adalah bagaimana berpromosi secara gratis terutama dengan media internet, bisa mempromosikan website atau produk tertentu. berikut beberapa hal yang harus diketahui tentang cara berpromosi yang baik, benar, sopan, dan efektif:

1. Daftarkan Website Anda melalui Search Engine (Mesin Pencari)

Apapun produknya, sebagian besar orang akan mencari produk melalui Search Engine seperti Google atau lainnya. Anda bisa membuat sebuah blog secara gratis dengan blogspot atau apapun untuk menampilkan keunggulan dan semua kelebihan produk Anda. Setelah Anda membuat situs secara gratis, Anda bisa mendaftarkan website / blog Anda tersebut pada Search Engine seperti Google dan mulai bekerja meningkatkan traffic ke situs Anda dengan cara metode SEO (Search Engine Optimization).



Search Engine bisa mendatangkan hingga 60% dari semua penggunjung di Situs anda jika situs anda bisa menempati rangking 10 besar dari hasil pencarian keyword situs anda di Search Engine populer seperti Yahoo.com atau Google.com.

Begitu banyak search engine di seluruh dunia, dan Anda tak perlu mendaftarkannya ke semua, daftarkan saja ke search engine yang lumayan besar seperti www.XXXXX.com, www.lycos.com , www.excite.com , www.altavista.com , www.infoseek.com , www.lycos.com , www.excite.com , www.webcrawler.com , dan www.hotbot.com.

Bila Anda hanya menargetkan untuk Indonesia maka cukup ke search engine Indonesia seperti www.searchindonesia.com , www.indocenter.co.id , www.catcha.co.id , www.jagad.com, dan www.naver.co.id.


2. Iklankan produk Anda pada Iklan Baris

Iklan baris adalah salah satu media periklanan di internet yang cukup efektif, banyak para pemburu barang tertentu yang mengunjungi situs iklan baris ini, jasa iklan baris ada yang gratis tapi juga ada yang bayar, tergantung Anda memilihnya, tokobagus adalah salah satu iklan yang lumayan efektif dan lumayan bagus karena dapat memasang gambar produk juga sehingga konsumen lebih tertarik dan dapat melihat secara langsung produk kita.

3. Tawarkan Produk pada Forum Jual Beli

Forum adalah juga media promosi yang cukup efektif, daftar di forum-forum besar juga gratis dan memiliki trafik yang cukup besar, asal Anda jangan menjual pada sub forum yang salah atau biasa dibilang "salah kamar", jangan menjual motor di subforum FJB jualan mobil dan sebaliknya. Anda bisa menjual di forum-forum yang memang memiliki fitur Jual Beli seperti detik atau kaskus, jangan menjual pada forum diskusi seperti adsense-id dan sebagainya.

4. Promosi pada Situs Jejaring Sosial

Situs jejaring sosial (Social Network) juga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif. Salah satu contohnya adalah menggunakan Facebook sebagai sarana promosi, disana kita bisa membuat fanpage dan lainnya untuk kepentingan promosi dan ini bisa dimanfaatkan secara gratis selama masih dalam batas-batas peraturan yang ada. Pendaftaran juga tentu saja Gratis.

5. Email Marketing

Melakukan Promosi dengan menggunakan email atau surat elektronik memungkinkan kita untuk melakukan pendekatan promosi secara personal.  Kita bisa mencari email dari milis (Mailing List) group, atau bisa mengunjungi situs2 yang bisa kita dapatkan dari halaman "Contact us" atau "Hubungi Kami".  Maling list atau safelist adalah kelompok email address dari orang-orang yang bergabung dan setuju untuk menerima email dari anggota lain dan mengirim email ke anggota lain. Setiap member Mailing list atau safelist bisa saja membutuhkan sebuah produk dan jasa atau informasi Sehingga mereka adalah calon konsumen potensial bagi bisnis anda. Anda bisa bergabung dan menawarkan produk ke mailing list secara langsung atau bisa juga secara personal (satu-persatu) agar lebih personal dan terpercaya, email ke pengguna bisa dilakukan sekali saja atau terus di follow up untuk terus meyakinkan calon klien.  Tapi harus diingat, jangan mengirimkan email yang sama secara berantai (ke banyak email sekaligus) atau secara terus menerus ke email yang sama atau Anda akan dianggap sebagai Spammer, dan produk Anda akan dianggap produk "sampah".

Sebenarnya masih banyak sekali teknik untuk promosi gratis di dunia internet, Anda bisa melakukan improvisasi sendiri menurut keahlian Anda yang akan semakin bertambah dari waktu ke waktu. Ingatlah bahwa Teknik Promosi Adalah Sebuah Seni. Jadi, semua tergantung kreatifitas Anda memilih jalan yang terbaik untuk berpromosi. Saya akan terus update apabila ada tips yang keren lainnya.. Tetaplah kunjungi blod saya yah.


Related Posts by Categories



Created by Felix | Bisnis Sampingan

3 comments:

  1. kalau dengan mesin pencari caranya bagaimana

    ReplyDelete
  2. Rasa2nya email marketing sudah tidak begitu ampuh mengingat sebagian orang sudah menganggapnya sebagai salah satu wujud spammer
    Trims atas ilmunya

    ReplyDelete