Wednesday, July 27, 2011

8 Langkah Perencanaan Sebelum Memulai Bisnis Online

Bila Anda sudah memutuskan untuk melakukan bisnis online baru dan berpromosi atau Anda sudah memiliki bisnis yang Anda sudah berpromosi tapi belum mendapat sukses maka Anda harus merencanakan strategi yang benar. Sebelum Anda memutuskan untuk bisnis online, promosi produk Anda atau produk afiliasi haruslah diingat bahwa pemasaran online cukup rumit dan bila Anda melakukannya dengan rumit maka lebih besar kemungkinan Anda melakukan kegagalan. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda pertimbangkan ketika merencanakan bisnis online Anda.

1.Buatlah strategi promosi
Rencanakan bisnis online Anda dengan berpikir tentang bagaimana pelanggan Anda dapat dan harus menemukan Anda. Tanyakan kepada diri sendiri "apa yang Anda sukai" untuk mendapatkan para pelanggan Anda. Berapa persentase orang akan siap untuk membayar untuk produk Anda dan mengapa.

2.Analisa Pasar
Analisa Pasar umumnya tentang belajar tentang kondisi pasar dimana Anda mempromosikan produk Anda. Hal ini dapat dipelajari dengan melakukan analisis tertutup terhadap pesaing Anda, pencarian Google, yahoo, keuangan atau dengan menyewa seorang ahli untuk melakukannya untuk Anda. Semakin Anda tahu tentang pasar Anda, kesempatan yang Anda miliki untuk berhasil dalam usaha pemasaran online Anda semakin besar.



3.Analisa mental pelanggan sebelum promosi
Ini adalah salah satu langkah penting yang sering diabaikan pelaku bisnis. Anda harus tau apa yang ada di pikiran pelanggan Anda saat sebelum membeli produk dan apa yang harus Anda masukkan ke dalam pikirannya sehingga dia harus membeli produk Anda. Selanjutnya Anda juga harus menganalisis apa yang akan menjadi kelompok usia orang yang bersedia untuk membeli produk Anda.

4.Produk Positioning
Ini berarti menciptakan reputasi dalam pikiran pelanggan Anda ketika ia / ia mendengar nama perusahaan Anda. Hal ini penting dari penamaan produk Anda untuk membangun reputasi dan memberikan dukungan terbaik.

5.Mencari Pasar yang tepat untuk mempromosikan produk Anda
Bila Anda memiliki terlalu banyak kompetisi beragam maka sangat sulit untuk mempromosikan produk Anda. Sebagai contoh pasar penurun berat badan tidak akan menjual produk pembangun otot. pembesar otot dan penurun berat badan keduanya seperti pasar yang sangat dekat tetapi Anda tidak akan dapat menjual produk bagus di pasar yang berlawanan tanpa penelitian.

6.Berikan harga yang tepat
Bila Anda pemain baru maka sangat penting bagi Anda untuk menyediakan produk atau jasa Anda dengan harga yang kompetitif dan mungkin dengan penawaran menarik. Beberapa kali Anda mungkin harus menurunkan harga. Karena Anda pemain baru untuk pasar, Anda harus menderita kerugian sementara atas beberapa laba yang diperoleh dari setiap produk yang dijual, ini biasanya terjadi pada setiap pemain baru yang mencoba untuk membangun keuntungan bisnis online untuk pertama kalinya. Sedangkan pemotongan harga dan memberikan penawaran khusus tidak harus selalu rugi seiring waktu.

7.Menjual Produk secara Online
Ini adalah cara bagaimana Anda akan menjual produk secara online. Ada beberapa metode yang mencakup tentang afiliasi untuk menjual produk Anda, SEO untuk website Anda, artikel pemasaran, press release, membayar per klik iklan (CPC), membeli ruang iklan dari situs yang relevan, drive trafik, memberikan laporan gratis dll

8. Distribusi Dan Pengiriman Produk
Jika Anda menawarkan produk fisik maka sebaiknya termasuk menyediakan jasa pengiriman cepat. Jika produk Anda digital seperti layanan perangkat lunak, ebook atau online maka setidaknya menyediakan akses instan. Ini praktis melibatkan kualitas layanan yang Anda sediakan terhadap produk atau layanan Anda.

Demikian 8 langkah penting yang setidaknya harus dijalani dengan baik untuk seorang pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis online.

Related Posts by Categories



Created by Felix | Bisnis Sampingan

1 comment:

  1. Dari sekian poin yang paling rumit menurut saya adalah menganalisa pasar, bila salah dalam analisa bisa2 strategi dan rencana yang telah dirancang dapat mengalami kegagalan
    Saya izin membookmark postingan anda sebagai bahan pembelajaran buat saya
    Terima kasih

    ReplyDelete